Apa yang Dimaksud Bermain Fungsional?

Apa yang Dimaksud Bermain Fungsional?

Apa yang Dimaksud Bermain Fungsional? Bermain fungsional telah digambarkan sebagai permainan pertama anak-anak. Dimulai sejak bayi, ketika seorang anak belajar mengendalikan tindakannya dan mewujudkan berbagai hal, ia menemukan kesenangan dalam menggetarkan mainan, mencipratkan di bak mandi, dan menjatuhkan benda berulang kali dari kursinya yang tinggi. Tindakan-tindakan berulang ini secara perlahan digantikan oleh bentuk-bentuk permainan yang lebih kompleks, tetapi permainan fungsional dinikmati oleh anak-anak sepanjang masa kanak-kanak mereka ketika mereka menemukan tindakan baru untuk dikuasai.

Bayi pertama-tama belajar menggunakan perilaku “wired-in” mereka dengan tindakan sederhana, dan ketika mereka menemukan cara kerja, mereka mengembangkan respons motorik mereka. Mengulangi perilaku mengarah pada penguasaan dan yang memberi kesenangan pada anak. Bermain Fungsional ¬†dimulai ketika anak dengan sengaja terlibat dalam aktivitas untuk kesenangan. Untuk menambah kesenangan yang lebih, cobalah memainkan¬†LIVE DRAW HK di android Anda.

Apa yang Dimaksud Bermain Fungsional?

Apa itu Play Fungsional

Setiap tindakan berulang yang dianggap menyenangkan oleh anak dianggap sebagai permainan fungsional. Melemparkan benda-benda, membuka dan menutup benda-benda, menumpuk balok – balok dan kemudian menjatuhkannya, mengisi dan membuang wadah, mendorong mainan ke depan dan belakang, dan membenturkan benda-benda bersama adalah semua contoh permainan fungsional. Sifat berulang dari permainan ini adalah bagaimana anak-anak belajar tentang dunianya. Mereka belajar tentang sifat-sifat benda fisik dan sebab dan akibat. Penemuan sederhana ini mempersiapkan mereka untuk mempelajari keterampilan yang lebih kompleks di kemudian hari. Anak-anak juga mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus mereka melalui latihan dan mendapatkan kepercayaan diri saat mereka mengembangkan keterampilan baru. 3

Tiga Tahapan Bermain Fungsional

Salah satu orang yaitu perintis dalam studi perkembangan kognitif pada anak-anak. Dia mendefinisikan bermain fungsional sebagai terutama terjadi selama periode sensorimotor perkembangan kognitif antara kelahiran dan 24 bulan, di mana pengembangan diamati dari gerakan refleks sederhana untuk lebih banyak tanggapan yang berulang dan terkoordinasi. 4  Piaget menentukan bahwa permainan digambarkan dalam tiga tahap: yang pertama adalah permainan fungsional yang diikuti oleh permainan simbolik , yang menambahkan konsep konstruktif serta permainan pura Рpura , dan akhirnya permainan dengan aturan , yang membangun keterampilan sosial . 5

Bermain Fungsional di Playground

Beberapa elemen Bermain Fungsional di taman bermain dapat dilihat sebagai permainan fungsional. Berulang kali meluncur ke bawah slide, bermain di jungkat-jungkit, mendorong komidi putar, dan berayun pada ayunan semua bisa dianggap permainan fungsional, karena tindakan ini berulang.