Cara Menghitung Skor Soal TPA Bappenas

Cara Menghitung Skor Soal TPA Bappenas

TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan salah satu tes psikologi yang saat ini sudah banyak digunakan. Baik itu untuk proses rekrutmen di instansi pemerintah, perusahaan swasta, hingga masuk ke perguruan tinggi negeri. Akan tetapi, kebanyakan dari Anda mungkin bertanya-tanya bagaimanakah cara menghitung skor dari soal TPA Bappenas yang sudah dikerjakan. Pada dasarnya, tes psikologi tersebut dianggap paling penting. Agar nantinya dapat mengetahui proses berpikir yang dilakukan oleh seseorang. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda mengerjakannya dengan baik.

Dapat dikatakan bahwa TPA merupakan salah satu jenis psikotes yang dipakai untuk mengukur potensi kecerdasan intelektual seseorang. Tidak heran jika dalam proses tes masuk perguruan tinggi, tes beasiswa, hingga proses rekrutmen pekerjaan menerapkan tes yang satu ini. Bahkan, jika melihat dari situs resmi Bappenas TPA tersebut sengaja dirancang untuk mengetahui potensi intelektual seseorang apakah dapat berhasil menjalani pendidikan atau pekerjaan yang diinginkan. Dalam tes tersebut sendiri memiliki beberapa aspek yang akan dinilai nantinya. Seperti numerik, figural, hingga verbal. Aspek numerik merupakan kemampuan dalam memahami serta berpikir memakai angka. Untuk aspek figural merupakan kemampuan dalam memahami dan juga berpikir memakai gambar. Sementara aspek verbal adalah kemampuan berpikir dan memahami memakai bahasa.

Saat ini sendiri ada banyak orang yang menganggap bahwa tes tersebut terkesan sangat sederhana. Namun ternyata kenyataannya ada banyak orang yang justru gagal dalam mengerjakan tes tersebut. Adapun beberapa penyebab umumnya adalah karena bingung menentukan jawaban yang tepat, waktu yang disediakan kurang, ataupun tidak teliti dalam mengerjakannya. Oleh karena itu, pastikan memiliki trik khusus saat ingin menjawab soal tersebut sesuai dengan waktu yang sudah disediakan. Pada tes yang satu ini sendiri memang memakai sistem penilaian skor. Hal ini berarti, semakin banyak jawaban yang benar, maka semakin tinggi pula skor yang bisa diperoleh. Untuk menghitung skornya sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Nantinya, skor TPA tersebut memiliki rentang mulai 200-800. Nantinya skor yang diperlukan untuk lulus biasanya tergantung dengan penyelenggara. Cara menghitung skor dari tiga aspek tes TPA tersebut memiliki skor antara 20-80 pada setiap aspeknya. Kemudian ketiga aspek tersebut dibagi menjadi 3 lalu dikalikan dengan 10. Nantinya akan mendapat hasil akhir 200-800.  Anda bisa menghitung skor TPA dengan menggunakan cara tersebut. Terlebih saat latihan soal jangan lupa catat skor yang berhasil diraih kemudian tingkatkan skor tersebut.